SD Mutual Sambut Gerhana dengan Teropong Kreatif Siswa

Fenomena alam gerhana matahari yang diprediksi akan terjadi Rabu, 9 maret 2016 itu tidak disia-siakan oleh siswa-siswi SD Muhammadiyah I Alternatif (SD Mutual) Kota Magelang. Momen itu bahkan sudah ditunggu-tunggu oleh keluarga besar SD Mutual. Bahkan peristiwa alam ini harapannya akan menjadi sebuah peristiwa yang fenomenal bagi siswa SD Mutual. Hal itu terbukti dengan semangatnya yang luar biasa ditunjukkan oleh siswa-siswi SD Mutual yang tergabung dalam Kelompok Pecinta Ilmu (KPI) Sains. Mereka menyambut gerhana matahari dengan membuat Teropong Kreatif sebagai alat untuk mengamati gerhana dengan media yang tidak mahal, karena dibuat dengan memanfaatkan barang bekas berupa bungkus susu kemasan yang sudah disiapkan Senin,7 Maret 2016 tentunya mudah didapat oleh semua siswa bahkan semua warga masyarakat.

Guru pendamping Kelompok Pecinta Ilmu Sains Yeti Indarsih, S.Pd menyatakan bahwa ide ini muncul dari kreatifitas siswa sehingga pihak sekolah sangat mensupport demi kemajuan pengembangan pendidikan anak Mutual. “Alhamdulillah, dengan prediksi munculnya gerhana ini anak mutual sangat antusias untuk mengamatinya secara langsung, ide kreatif ini adalah ide anak-anak, kami sebagai guru hanya memfasilitasi dan mensupport kreatifitas siswa. Uniknya lagi, anak-anak Mutual membuat teropongnya dengan memanfaatkan barang bekas yang selama ini banyak di buang begitu saja.” Ungkapnya dengan penuh semangat.

Hal senada juga diungkapkan Athaya Cendana Pambudi, siswi kelas 4 salah satu anggota kelompok pecinta ilmu sains. “ Saya senang sekali dan benar-benar menunggu proses terjadinya gerhana matahari besok, selama ini kami mendapatkan materi IPA tentang gerhana melalui buku dan di dalam kelas saja, makanya besok kami akan manfaatkan teropong buatan kami untuk mengamatinya secara langsung bagaimana Allah Swt menunjukkan kekuasaanya berupa gerhana matahari. Mudah-mudahan kami bisa memahami gerhana meskipun dengan alat yang sangat sederhana” katanya.

Di sela-sela pembuatan teropong ini, kepala SD Muhammadiyah I Alternatif Kota Magelang Mustaqim,S.Pd.I.,M.Pd menyatakan bahwa kegiatan sambut peristiwa gerhana matahari yang diprediksi terjadi besok Rabu, 9 Maret ini sudah diagendakan oleh sekolah. “Fenomena gerhana besok ini akan dimanfaatkan oleh siswa-siswi SD Mutual dengan dua agenda kegiatan, pengembangan kreatifitas siswa dengan teropong kreatifnya dari tim kelompok pecinta ilmu sains yang sudah disiapkan dan kegiatan lain berupa salat gerhana yang insyaAllah dilaksanakan besok Rabu, 9 Maret. Dengan fenomena gerhana ini anak akan mendapatkan dua nilai pendidikan, yaitu pendidikan KeIslamannya dengan salat gerhana dan pendidikan sainsnya dengan pengamatan secara langsung peristiwa gerhana matahari yang merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah Swt”. Kata Mustaqim.

Salat gerhana matahari akan dilaksanakan di banyak tempat di Magelang ini, salah satunya di masjid Tanwir SD Mutual Kota Magelang yang akan dilaksanakan pukul 07.00 dengan imam dan khatib KH. Abu Ubaidah ,BA selaku Pembina SD Mutual Kota Magelang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.