QUENSYA SISWA KELAS I SD MUTUAL SHALAT GHAIB DAN GALANG DANA BANTU KORBAN GEMPA ACEH

Berbagai cara dilakukan oleh para pejuang pendidikan di SD Muhammadiyah I Alternatif (SD Mutual) Kota Magelang. Dari pendidikan akademis hingga pendidikan non akademis. Berbagai upaya dilakukan untuk tetap maju dalam segala aspek. Salah satunya adalah pendidikan karakter yang ditanamkan melalui kegiatan SD Mutual peduli korban Gempa Aceh (Sabtu,10/12/2016).

Bencana gempa Aceh beberapa hari yang lalu, tepatnya 7 Desember 2016 memang benar-benar menghentakkan berbagai pelosok di tanah air. Selain menimbulkan banyak korban, menimbulkan kerugian yang sangat besar.

Berbekal dengan firman Allah Swt : “ Dan tolong-menolonglah kamu dalam kebaikan, dan janganlah kamu tolong-menolong dalam keburukan…” QS. Al Maidah (5):2

SD Mutual memanfaatkan moment bencana gempa di Aceh itu untuk menanamkan pendidikan karakter semangat gotong royong. Berbeda dengan aksi-aksi sebelumnya, kegiatan peduli Aceh ini sangat berkesan, gerakan peduli korban gempa Aceh diawali dengan salat Ghaib yang dipimpin langsung oleh pendiri dan Pembina SD Mutual KH. Abu Ubaidah, BA. Sebelum salat, beliau berbagi ilmu tentang salat ghaib kepada para siswa. Semua antusias dan khusyuk mengikuti kegiatan salat ghaib dilanjutkan doa bersama dan diakhiri penggalangan dana dari keluarga besar SD Mutual Kota Magelang.

Kepala SD Mutual Mustaqim, S.Pd.I.,M.Pd menyatakan bahwa SD Mutual berupaya terus untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk para siswanya, salah satunya dengan gerakan-gerakan seperti ini yang sangat efektif menanamkan karakter siswanya dalam membantu sesama, tidak hanya belajar di dalam kelas, tapi juga belajar membangkitkan jiwa peduli gotong-royong kepada sesama melalui peristiwa-peristiwa yang sedang terjadi seperti gempa di Aceh ini. Kegiatan diawali dengan penanaman nilai ibadah kepada para siswa tentang salat ghaib, dilanjutkan doa bersama dan diakhiri dengan gerakan penggalangan dana untuk korban gempa Aceh, alhamdulillah infaq keluarga besar SD Mutual berhasil terkumpul Rp. 25.173.700,-“.        Ananda Quensya siswa kelas I menyatakan kebahagiannya dengan menginfakkan satu buah celengan kesukaannya turut menyemarakkan dan menghebohkan gelaran acara ini. Quensya menyampaikan bahwa tidak masalah kalau uang di celengan itu disumbangkan untuk korban gempa Aceh, Allah pasti akan mengganti dengan rizqi yang lebih banyak lagi kata Quensya. Luqman Novianto, S.Pd.I selaku Waka Kesiswaan juga menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting untuk ditanamkan pada para peserta didik, harapannya peserta didik itu tidak hanya belajar di kelas saja, tapi juga belajar di luar kelas dengan memanfaatkan fenomena yang sedang terjadi sekarang ini, harapannya akan tertanam jiwa sosial yang baik pada diri siswa.

Selanjutnya, Dana perolehan gerakan peduli korban gempa Aceh ini langsung disalurkan kepada para korban gempa melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LazisMuh) Kota Magelang yang diterima langsung oleh pengurus LazisMuh Firy Fariansyah, S.Pd.I

Selamat untuk keluarga besar SD Mutual, mudah-mudahan berkah dan manfaat, insyaAllah infaq yang diberikan akan mendapat balasan yang terbaik dari Allah Swt dan saudara-saudara kita di Aceh segera bangkit dan semangat kembali. Amiin.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *