ISLAMIC EXPERIENTIAL LEARNING DALAM OUTBOUND SD MUTUAL

      Outbound merupakan salah satu metode pembelajaran modern yang memanfaatkan keunggulan alam. karena alam bisa menjadi media pembelajaran yang efektif, salah satu contohnya yaitu pemanfaatan alam seperti yang dipraktikkan oleh SD Mutual Kota Magelang. (10-13/4/2017). Para peserta yang mengikuti outbound tidak hanya dihadapkan pada tantangan inteligensia, tetapi juga fisik dan mental. dan ini akan terus terlatih menjadi sebuah pengalaman yang membekali dirinya dalam menghadapi tantangan yang lebih nyata dalam persaingan di kehidupan sosial masyarakat.

Konsep baru yang ditawarkan dalam Outbond 2017 ini adalah Islamic Experiential Learning. Yaitu pembelajaran agama Islam melalui outbound dengan memanfaatkan alam sebagai media pembelajaran. Aktivitas yang terdapat pada kegiatan outbound menantang peserta untuk mengoptimalkan empat potensi yang dimiliki yaitu: akal, fisik, emosional dan yang terpenting adalah potensi spiritual. Kegiatan – kegiatan yang dilakukan sangat sederhana namun, dibalut dalam permainan menyenangkan sehingga peserta didik akan mendapat pemahaman sangat dalam tentang keislaman. Dalam kegiatan outbound ini peserta diajak untuk menyelami makna dari nilai – nilai keislaman yang luhur yang memiliki kebaikan di dunia dan akhirat. Nilai-nilai yang memiliki cita sosial yaitu nilai keadilan, perdamaian, kejujuran, tanggung jawab dan membawa kemaslahatan di dunia dan akhirat.

Aneka macam permainan yang dikemas apik oleh para guru SD Mutual outbound kali ini benar-benar menarik. Mulai permainan terowongan teletubbies, merayap, hingga arena air yang semuanya dikemas guna membangkitkan nilai kerjasama, kedisiplinan, hingga belajar dengan alam diikuti anak-anak SD Mutual dengan semangat.

Sukses Mutual!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *