SD MUTUAL GANDENG FKIP UM MAGELANG SEMINTER: MENGASUH GENERASI TANGGUH CETAK GENERASI GEMILANG

Siapa yang tak ingin anak didiknya berhasil. Orang tua mana yang tidak suka jika melihat anaknya sukses. Mengasuh anak di zaman sekarang jauh lebih berat karena tantangannya lebih banyak, tuntutan belajar akademis ini dan itu belum lagi kemajuan teknologi semakin cepat. Kalimat yang penuh harapan itulah yang selalu menjadi dambaan dan impian seseorang dalam keberhasilan dan kesuksesan buah hatinya. Kondisi seperti ini membuat orang tua harus memiliki berbagai kemampuan baru, tidak hanya belajar ilmu parenting umum saja tetapi juga bagaimana menanamkan filter nilai-nilai hidup ke bawah sadar anak. Menyelesaikan konflik dan bahkan menyembuhkan trauma pada anak. Menanggapi pemikiran seperti ini SD Muhammadiyah I Alternatif (SD Mutual) berinisiatif mengadakan seminar Internasional (Seminter) kerjasama dengan FKIP Universitas Muhammadiyah Magelang dengan menghadirkan pakar parenting dari Malaysia, Okina Fitriani, S.Psi.,M.A.,Psikolog dengan mengusung tema: Enlightening Parenting: Mengasuh Generasi Tangguh cetak Generasi Gemilang. Auditorium UMM (Senin,13/2/2017)

Seminar Internasional ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang Ir. Eko Muh Widodo, M.T. Turut hadir dalam acara ini Pimpinan Daerah Muhammadiyah, PD. Aisyiyah Kota Magelang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang Taufiq Nurbakin, M.Pd selaku keynote speakers seminar kali ini. Dengan menyampaikan materi pentingnya pola asuh pendidikan yang dimulai dari keluarga, didukung pola pendidikan di sekolah jika hal itu bisa sinergi tentunya kesuksesan anak didik akan dapat diraih. Beliau mengapresiasi dan sangat bangga atas digelarnya seminar internasional ini. “SD Mutual hebat, bangun sinergitas dengan FKIP UM Magelang tingkatkan pendidikan, mudah-mudahan SD Mutual bisa jadi contoh dalam memberikan pola pendidikan yang terbaik di Kota Magelang khususnya, prestasi semakin membanggakan sesuai dengan visi misi Kota Magelang” ungkapnya. Di sisi lain, pembicara inti Okina Fitriani sangat detil sekali menyampaikan materi parentingnya hingga mampu membius peserta. Mulai kapan parenting dimulai, peran ayah, ibu hingga menanamkan value dan keyakinan kepada sang buah hati. Dia mengatakan Ibu merupakan sekolah utama dan paling awal untuk perkembangan anaknya. Ayah juga memiliki peran yang sangat penting saat mengajarkan problem solving hingga fokus internal yang baik, percaya diri hingga puncaknya meningkatkan hubungan sosial yang lebih baik dengan sesama. Tapi, banyak juga kekeliruan pengasuhan yang masih terjadi hingga saat ini. Misalnya berbuat bohong, orang tua selalu mengancam tapi tidak melakukan, pemberian solusi disuapi, malas, dan sebagainya padahal masalah seperti ini sangat perlu pendampingan orang tua. Anak adalah tamu istimewa yang datang kepada kita atas ijin Allah Swt, masing-masing punya (fitrah) potensi yang luar biasa. Potensi anak bisa digali, kunci keberhasilan harus fokus pada tujuan, bangun kedekatan dan tumbuhkan kreatifitas siswa.

Di sela-sela seminar ini juga diadakan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara SD Mutual dengan FKIP UM Magelang untuk selalu komitmen meningkatkan pendidikan yang baik serta simbolis penyerahan penghargaan siswa berprestasi oleh Kadisdikbud Kota Magelang sebagai penulis cilik nasional ananda Rere dilanjutkan dengan penyerahan karya siswa hasil budaya literasi di SD Mutual Kota Magelang, buku Surga di tangan Ibu dan Alquran Impian karya Rere kepada para narasumber.  Dekan FKIP UMM Drs. Subiyanto, M.Pd menyatakan kebanggaannya atas terselenggaranya acara ini. “SD Mutual luar biasa, FKIP UMM bangga dan senang bisa kerjasama dalam meningkatkan pendidikan, FKIP UMM akan selalu mendampingi langkah maju SD Mutual” ucap Subiyanto disela-sela acara. Rasa bangga juga disampaikan Kepala SD Mutual, Mustaqim,M.Pd “acara ini tidak lain untuk menambah ilmu dan amal kita dalam mendampingi buah hati di sekolah, di rumah untuk sukses mereka semua, terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya seminar ini, khususnya FKIP UMM mudah-mudahan acara ini bermanfaat”.