SATRIA BAJA ISLAM KUATKAN SILATURRAHIM KELUARGA BESAR  SD MUTUAL KOTA MAGELANG

Awal tahun ajaran baru  masuk sekolah bertepatan juga dengan suasana Idul Fitri 1437H, setelah libur Hari Raya Idul Fitri,  SD Muhammadiyah I Alternatif (SD Mutual) mengadakan acara Smart Parenting dan Halal Bihalal. Halal bihalal merupakan tradisi di lingkunganSD Mutual Kota Magelang yang dilakukan sesudah hari lebaran antar guru, karyawan dan seluruh siswa-siswi beserta orang tuanya. Kegiatan ini tentu saja menjadi tradisi tahunan yang unik dan tetap dipertahankan serta dilestarikan. Ini adalah refleksi ajaran Iislam yang menekankan sikap persaudaraan, persatuan dan saling berbagi kasih sayang di bulan syawal (lebaran).

Acara diawali dengan Tausiyah Hikmah Halal bi Halal oleh Drs. H. Djam`an Muhjiddin (Mantan Ketua Pimp. Daerah Muhammadiyah Kota Magelang) yang menyatakan bahwa dalam kenyataannya perjalanan hidup manusia selalu tidak bisa luput dari dosa. Dosa yang paling sering dilakukan adalah kesalahan terhadap sesama teman dan guru di kelas. Seperti : iri hati, saling becanda dan menyakiti teman saat bermain. Halal bihalal merupakan peristiwa penting untuk saling memaafkan baik perkataan dan perbuatan. Dalam kaca mata islam, halal bihalal bertujuan untuk menghormati sesama teman dalam bingkai silaturahmi. Halal bihalal dilihat dari sisi silaturahmi dapat menjadi perantara untuk memperluas rezeki dan memperpanjang umur sebagaimana sebuah hadis dari Abu Hurairah ra ia berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda : “Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah bersilaturahmi’.

Acara halal bihalal yang diselenggarakan di gedung Tri Bhakti ini berlangsung dengan sangat hikmat. Acara Halal Bihalal ini semakin meriah ketika Penampilan acara siswa-siswi SD Mutual dipentaskan yang pada akhirnya dilanjutkan dengan munculnya Satria Baja Islam alias Ust. Sayyid, SH (Pendongeng Nasional).

Kepala SD Mutual Kota Magelang, Mustaqim,S.Pd.I.,M.Pd menyatakan bahwa event halal bi halal ini sudah menjadi tradisi keluarga SD Mutual yang menjadi sarana paling tepat dan efisien untuk mempererat ukhuwah Islamiyah, hanya tahun ini kita pertajam lagi ada acara penyerahan tali asih kepada warga sekolah yang tidak mampu.

Dalam tausiyahnya, Satria Baja Islam menekankan pentingnya pendidikan bagi anak yang harus selalu dikawal. Lebih-lebih zaman sekarang beriringan dengan kemajuan teknologi. Dengan dongeng dari Ust. Sayyid ini acara semakin khidmad dan mampu membius siswa hingga selesai.