RERE: PENULIS CILIK SD MUTUAL TOREHKAN PRESTASI NASIONAL MELALUI SENI SASTRA

Di sekolah dasar, pembelajaran sastra dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan siswa mengapresiasi karya sastra. Kegiatan mengapresiasi sastra berkaitan dengan latihan mempertajam perasaan, penalaran, daya khayal, serta kepekaan terhadap masyarakat, budaya dan lingkungan hidup. Pengembangan kemampuan bersastra di sekolah dasar dilakukan dalam berbagai jenis dan bentuk melalui kegiatan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Adapun pemilihan bahan ajar tersebut dapat dicari pada sumber­sumber yang relevan (Depdiknas, 2003 ).

Di SD Mutual Kota Magelang Pembelajaran Sastra bagi siswa sudah diberikan sejak kelas I dengan aneka tujuan:

(1) menumbuhkan kesenangan pada buku

(2) menginterpretasi bacaan sastra

(3) mengembangkan kesadaran bersastra

(4) mengembangkan apresiasi.

 

Keempat tujuan itu tidak dilewatkan oleh ananda Amarilysse alias Rere. Di tahun 2016 ini ia berhasil menorehkan prestasi dalam seni sastra dalam gelaran Apresiasi Sastra Siswa Sekolah Dasar Tk. Nasional 2016 yang diselenggarakan oleh Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud RI pada Selasa-Jumat, 8-11 Nopember 2016 di Bogor Jawa Barat. Penghargaan langsung diserahkan oleh Dirjen Pendidikan Dasar Kemendikbud Hamid Muhammad, Ph.D. Rere yang memiliki nama asli Amarilysse Magnifizia Cesare Ganz memang anak yang suka menulis, membuat cerita dan sejenisnya. Siswi kelas VI SD Muhammadiyah I Alternatif (SD Mutual) Kota Magelang ini berhasil meraih juara I Kategori Penulis Cilik Cerita Pendek.

Kepala SD Mutual, Mustaqim,S.Pd.I.,M.Pd menuturkan rasa bangganya dengan adanya prestasi ananda Rere ini dengan harapan nantinya muncul generasi Rere selanjutnya di SD Mutual yang pas juga dengan program budaya literasi yang sedang digalakkan oleh pemerintah.

Sukses Rere, Sukses Mutual!!!