Dalam rangka untuk meningkatkan kebersamaan, kekompakan dan etos kerja serta koordinasi antar siswa, SD Muhammadiyah I Alternatif Kota Magelang menggelar outbound di Oemah Budur, Djowahan Borobudur Kab. Magelang, Minggu (4-7/4/16). Outbound yang dipimpin langsung oleh Kepala SD Mutual Mustaqim,S.Pd.I.,M.Pd dan Ketua Panitia Oki Yanuar, S.Pd ini diikuti oleh 812 siswa kelas I-VI yang dibagi dalam 4 hari.

Kepala SD Mutual Mustaqim,S.Pd.I.,M.Pd mengungkapkan outbound ini digelar dengan tujuan untuk meningkatkan pembelajaran kebersamaan terutama di alam terbuka, meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang baik serta meningkatkan kekompakan dan kebersamaan.
“Dengan outbound ini kita dapat meningkatkan kualitas interaksi, komunikasi, keakraban, kebersamaan dan kesadaran kerja sama serta dapat menumbuhkan keberanian dan rasa percaya diri dalam menghadapi permasalahan dan mengatasi segala macam resiko,” ungkap Mustaqim.
Menurutnya, outbound juga dapat melatih kemampuan mengambil keputusan yang efektif dalam situasi sulit serta meningkatkan motivasi diri dalam bekerja kemudian disinergikan dengan tujuan kelompok dan organisasi. Apalagi dalam outbound ini juga ada sedikitnya 7 (tujuh) game permainan.

Di sisi lain Oki Yanuar  mengungkapkan bahwa outbound cukup efektif untuk meningkatkan rasa kebersamaan, rasa memiliki dan rasa percaya diri dalam menghadapi tantangan pekerjaan. “Inti dari outbound ini adalah bagaimana nantinya dapat memaksimalkan afektif siswa, terutama yang menyangkut etika kerjasama dengan teman,” terang Oki.

Melalui outbound ini Didik berharap agar nantinya dapat membangun komunikasi dan meningkatkan etos kerja. Sebab segala sesuatu itu tidak dapat dikerjakan sendiri, butuh adanya kerja sama dan koordinasi yang baik dengan antar teman. Salah satu siswi kelas 6, Bella menyampaikan kegembiraannya mengikuti outbound ini. “semangat sekali outbound kali ini, selain karena saya kelas 6 kali ini outboundnya bareng dengan kelas 3, kami jadi bisa sambil belajar membimbing adik kelas ikut berpetualang dan bermain bersama” katanya.  hal senada juga dilontarkan Aqsa siswa kelas 5 yang bermain bersama kelas 4.”seru sekali outbound kali ini”ungkap Aqsa.

Outbound kali ini dilaksanakan selama 4 hari, dibagi menjadi 4 gelombang, gelombang 1 kelas 2, gelombang 2 kelas 2 sebanyak 144 siswa dilanjut gelombang 3 kelas 4-5, dan gelombang terakhir kelas 3 dan kelas 6. Sebanyak 812 siswa antusias ikut outbound.

Video Profil

Bahasa

Twitter